Mengenal Variabel Pada Javascript

Mengenal Variabel Pada Javascript
Pada bagian ini kita akan mengenal dan mempelajari apa itu variabel pada javascript. Variabel pada javascript tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainya seperti PHP, java, C, dll. Kita juga akan membahas fungsi variabel pada javascript dan bagaimana cara pemakaian variabel pada javascript yang baik dan benar.
Fungsi javascript yang akan kalian temukan pada artikel ini:
Pada artikel ini kita akan membahas mengenai peran variabel pada javascript diantaranya:
  • Fungsi Variabel pada Javascript
  • Cara penulisan variabel pada javascript
  • Aturan penamaan variabel pada javascript
  • Mengapa kita harus menggunakan variabel

Fungsi Variabel Pada Javascript

Variabel pada javascript biasa ditulis dengan var. Bayangkan variabel sebagai sebuah kotak kardus untuk menyimpan suatu barang, nah variabel pada javascript ini sama halnya untuk menyimpan suatu nilai seperti:
  • Number (angka)
  • String (Kata-kata)
  • Boolean
Nilai-nilai yang mimin sebutkan adalah beberapa tipe data yang ada pada Javascript. Pada bahasa pemrograman javascript, kita tidak perlu menentukan tipe data yang akan kita masukan pada variabel. Berbeda dengan bahasa pemrograman C, C++, atau Visual Basic yang dimana kita harus mengetikan dan menentukan tipe data dari variabel tersebut. Sama halnya dengan bahasa pemrograman javascript, pada bahasa pemrograman PHP kita juga tidak perlu menentukan tipe data variabel yang dibuat. Oleh karena itu Jenis pemrograman javascript dan PHP disebut Typeless Programming Language.

Cara Penulisan Variabel Pada Javascript

Telah kita ketahui, untuk menulis suatu variabel kita menggunakan kata var diikuti dengan dengan nama variabel dan nilai yang ingin kita masukan pada variabel tersebut, Contoh:
// variabel bernama myCar dengan nilai string di dalamnya
 var myCar = "lamborghini";
// variabel dengan nama price mempunyai nilai number atau angka di dalamnya 
 var price = 5000;
Perhatikan cara penulisan variabel di atas. Pada akhir penulisan, kita menuliskan ";" yang berfungsi untuk mengakhiri sebuah perintah. Jika kita tidak mengakhiri suatu perintah, maka program akan terjadi Error. Lihat juga pada kode diatas mimin mengetikan "//". // berfungsi untuk memberikan sebuah catatan untuk memudahkan kita memahami kode yang kita buat. Jadi "//" tidak berpengaruh terhadap kode yang kalian buat, kalian bisa menaruh catatan apa saja yang kalian inginkan.

Pada baris kode diatas, kita memerintahkan javascript untuk membuat variabel. Kita membuat 2 buah variabel yang bernama myCar dan price. pada variabel myCar kita memasukan sebuah tipe data string, sedangkan pada variabel price kita memasukan tipe data number.

Aturan Penamaan Variabel Pada Javascript

Untuk memberi nama pada variabel, ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan error yaitu:
  • Karakter pertama harus diawali dengan huruf, Garis bawah ( _ ) , Tanda dollar ( $ ).
  • Karakter kedua dan seterunya bisa dengan menambahkan huruf, Garis bawah ( _ ) , Tanda dollar ( $ ).
  • Tidak boleh menggunakan spasi dalam penamaan variabel

Mengapa Kita Harus Menggunakan Variabel ??

Variabel digunakan untuk memudahkan kita dalam mendapatkan suatu nilai dan juga memudahkan kita untuk merubah nilainya. Bandingkan kedua kode berikut:
alert("Ini adalah peringatan !!");
Dengan :
// Kita membuat variabel yang bernama peringatan
 var peringatan = "ini adalah peringatan";
// memberikan alert pada halaman
 alert(peringatan);
Pada contoh diatas, kalian dapat melihat bahwa mimin menggunakan fungsi pada javascript yaitu alert() untuk menampilkan kotak peringatan pada halaman. Pada contoh yang pertama, kita langsung memasukan tipe data string pada fungsi alert(). Berbeda dengan baris kode yang ke-2, kita membuat sebuah variabel dengan memasukan tipe data string di dalamnya dan kemudian kita memanggil variabel tersebut untuk masuk kedalam fungsi alert().

Cara ke-2 tentu lebih efektif karena jika kita mempunyai 100 perintah alert(peringatan) atau lebih dan kita ingin mengganti kalimat pada peringatan tersebut, kita hanya perlu mengganti kata-katanya pada variabel. Berbeda jika kita menggunakan cara pertama, kita harus mengubahnya satu-satu dan itu akan memakan waktu yang lama.

Itulah sedikit mengenai variabel pada javascript. Semoga bermanfaat :). Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Post a Comment

Back to top
Scroll to top