Tips dan Trik Dalam Belajar Pengembangan Android

Tips dan Trik Dalam Belajar Pengembangan Android
Pengguna android dari tahun ke tahun makin lama makin meningkat dan sistem operasinya juga terus berkembang semakin canggih. Banyaknya pengguna android maka memungkinkan juga bertambahnya pengguna aplikasi atau games android yang kita buat. Android juga memiliki potensial besar dalam mobile marketing, oleh karena itu untuk bisa memanfaatkanya kita harus mempelajari sistem android agar kita dapat membuat aplikasi android kita sendiri.

Mengenai Sistem Android

Android merupakan sebuah Operating System (OS) yang berbasis java. Android juga bersifat open source sehingga siapa saja dapat dapat melihat atau mengubah sistemnya ( disebut juga AOSP - Android Open Source Project ). Untuk penjelasan lebih rinci mengenai android kalian bisa membaca pada artikel berikut
Apa Itu Android ??

 Tips dan Trik Belajar Android

Banyak orang yang memulai untuk belajar android tetapi berhenti ditengah jalan dikarenakan salahnya langkah yang mereka ambil sehingga mereka merasa kebingungan / stress dan tidak ada tempat untuk bertanya. Oleh karena itu untuk belajar pengembangan android diperlukan langkah - langkah yang benar agar kita paham dengan apa yang sedang kita lakukan. Berikut beberapa tips dalam belajar pengembangan android: 

Pahami Dasar Pemrograman Java

Jangan langsung terjun dalam pembuatan aplikasi android ! Kalian harus paham terlebih dahulu mengenai dasar dari pemrograman Java. Jika kalian langsung membuat aplikasi android tanpa mengenali dasar pemrograman java, mimin jamin pasti kalian akan banyak kebingungan saat membuat aplikasi tersebut dan bingun dengan apa yang harus dilakukan. Adapun beberapa topik dasar yang mimin sarankan dalam mempelajari bahasa Java diantaranya:
  1. Typecasting
  2. Object Oriented Programming
  3. Inheritence
  4. Struktur data pada Java
  5. Interfaces dan abstract class

Pahami Android studio

Android Studio merupakan tools resmi untuk membuat apliksi atau bisa yang kita sebut IDE (Integrated Development Environment). Ada juga tools lain dalam membuat aplikasi android, tapi mimin lebih menyarankan menggunakan android studio karena fitur - fitur nya dapat memudahkan dan mempercepat proses pembuatan aplikasi. Pada android studio minimal yang perlu kalian ketahui:
  1. Membuat project android baru
  2. Menavigasi file dan folder pada project
  3. Menjalankan project pada emulator
  4. Melakukkan debugging
  5. Membuat file .APK dari project yang sedang dibuat

Membuat aplikasi android sederhana

Kita harus memulai dari yang sederhana atau yang mudal terlebih dahulu jangan langsung pada pembuatan aplikasi yang rumit. Adapun beberapa contoh aplikasi sederhana yang mimin buat bisa kalian lihat pada label bagian MiminPunya disana terdapat beberapa aplikasi yang mimin buat dan sudah di upload pada GitHub sehingga kalian dapat mempelajarinya atau mencopynya langsung ke android studio. Kalian juga dapat melihat dokumentasi lengkap mengenai android di halaman Android Developers.

Pelajari project yang di buat oleh orang lain

Pelajarilah project yang di buat orang lain bagaimana dia bisa membuat aplikasi tersebut dan apa saja yang diperlukan dalam membuat aplikasi tersebut. Kalian bisa menemukan berbagai macam project android di blog orang lain atau website - website lainya, Google is your friend :) ! Mimin sarankan menggunakan bahasa inggris dikarenakan bahasa yang bersifat Internasianal sehingga banyak project - project android yang dapat kalian temukan. 

Tanya apa yang membuat kalian bingung

Jika kalian merasa kebingungan, kalian dapat menanyakanya melalui forum - forum android seperti Forum Android Indonesia atau jika ingin lebih banyak lagi yang melihat pertanyaan yang kalian ajukan, kalian dapat menanyakan pada forum developer internasional terbesar yaitu Stack Overflow

Tingkatkan terus aplikasi yang kalian buat

Setelah selesai membuat aplikasi jangan selesai hanya disitu saja. Tingkatkanlah aplikasi yang telah kalian buat seperti menambahkan fitur - fitur baru pada aplikasi tersebut atau mengurangi baris kode se minimal mungkin agar aplikasi berjalan secara mulus dan tidak terlalu banyak memakan memori sehingga kecepatanya bisa ditingkatkan. Gunakan juga pola MVC dalam membuat sebuah aplikasi karena itu dapat mempermudah kalian dalam menavigasi file - file project yang kalian buat
Pentingnya Pola MVC Dalam Pembuatan Sebuah Aplikasi
Itulah beberapa tips dari mimin dalam mempelari pengembangan android. Mimin juga sedang membuat aplikasi android untuk blog ini menggunakan Blogger API dan tentunya membuka post akan lebih cepat pada aplikasi android karena yang di load lebih sedikit di banding dengan web. Tunggu tanggal releasenya ya dalam waktu dekat ini hehe.

1 komentar:

thanks bro udh share tipsnya....

Reply

Post a Comment

Back to top
Scroll to top