Tips dan Trik Agar Ponsel Android Tidak Lelet Bagi Pengguna Awam

Punya ponsel pintar Android memang menyenangkan. Tidak hanya karena banyak aplikasi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda, banyak juga aplikasi game yang menarik. Sayangnya, gara-gara itu juga ponsel Anda jadi lebih lambat. Maklum, keberatan beban. Maunya sih, semua aplikasi Anda gunakan. Rasanya sayang untuk menyeleksi mereka satu-satu dan membuang beberapa (dengan cara uninstall tentu saja).

Kalau sudah begini, yang Anda butuhkan adalah tips dan trik agar ponsel Android Anda tidak lelet. Masalahnya, bila terlalu lama dibiarkan, ponsel malah bisa mengalami crash dan mati. Bisa ke gerai ponsel dan minta diperbaiki, sih. Cuma, risikonya Anda bisa kehilangan data-data penting di dalamnya.

Sebelum membahas seputar tips dan trik agar ponsel Android Anda tidak lelet, bagaimana cara mengetahui apakah ponsel Anda sudah mengalami kelebihan beban? Ini dia ciri-cirinya:
  1. Butuh waktu lebih lama bagi ponsel untuk menyala dan mati dari biasanya.
  2. Anda tidak bisa memperbarui (update) aplikasi, meskipun sudah mengaktifkan fitur auto updating.
  3. Saat ada yang mengirim file foto atau video melalui Whatsapp atau aplikasi sejenis, Anda tidak bisa mengunggahnya.
  4. Saat Anda mencoba memotret atau merekam video, ponsel gagal menyimpan file tersebut.
  5. Ponsel sering mendadak hang (istilah lain dari layar yang membeku) karena terlalu banyak mengaktifkan aplikasi. Selain itu, ponsel juga bisa mendadak mati bila sudah keberatan kapasitas.
  6. Gara-gara kondisi hang, Anda sering harus menyalakan ponsel kembali dengan cara mencabut baterai lalu memasangnya lagi.
  7. Karena terlalu lama dibiarkan dalam kondisi begini, suatu hari ponsel Android Anda mendadak mati dan tidak bisa dinyalakan lagi, kecuali dengan bantuan operator gerai ponsel yang bersangkutan.
Nah, sebelum ponsel pintar Android Anda sampai pada ciri ketujuh, ini dia beberapa tips dan trik agar ponsel Android lebih awet dan tidak keburu crash:

Jangan aktifkan fitur auto-downloading pada Whatsapp dan sejenisnya

Namanya juga teman atau keluarga dalam Whatsapp Group. Pasti ada saja yang suka berbagi foto-foto atau video, sementara Anda merasa tidak perlu selalu melihat semuanya. Daripada kesal karena harus menghapus file-file tersebut atau mendiamkannya hingga lupa, lebih baik jangan aktifkan fitur auto-downloading. Anda berhak kok, memilih mana foto dan video yang mau Anda simpan di ponsel.

Jangan terlalu banyak membuat atau bergabung di Whatsapp Group dan sejenisnya dalam satu ponsel

Tidak ada yang melarang Anda punya banyak teman dan kenalan. Masalahnya, terlalu banyak Whatsapp Group di dalam satu ponsel Android Anda yang kemudian membuat ponsel jadi lelet. Mana belum tentu semua grup itu aktif. Kalau ada yang aktif, chat history yang mengular dan tidak segera dihapus juga berpotensi melewati kapasitas ponsel. Jika memang membutuhkan banyak Whatsapp Group tersebut, belilah satu ponsel Android lagi untuk membagi jumlah grup yang ada.

Hapus chat history yang tidak penting-penting amat

Kalau isinya hanya gosip dan basa-basi, untuk apa Anda biarkan di sana? Lain cerita kalau ini berkaitan dengan urusan pekerjaan.

Segera pindahkan file foto-foto dan video ke tempat lain

Banyak foto dan video di dalam ponsel Android Anda? Segeralah pindahkan semuanya ke tempat lain. Misalnya: ke Google Drive, Cloud, atau laptop Anda yang kapasitasnya pasti lebih besar. Mau dicetak sekalian? Lebih bagus lagi.

Pakai MicroSD yang kapasitasnya lebih besar

Merasa sayang membuang aplikasi atau sulit memperbarui aplikasi? Gunakanlah MicroSD yang kapasitasnya lebih besar. Dengan demikian, tidak perlu khawatir ponsel Android Anda akan menjadi lelet. Namun, tetap diingat bahwa suatu saat kapasitasnya juga akan penuh. Manajemen file tetap perlu dilakukan.

Hapus aplikasi yang paling jarang digunakan

Mungkin awalnya Anda suka dengan semua aplikasi yang telah Anda install. Pada kenyataannya, tidak semuanya Anda gunakan, entah karena bosan atau tidak punya banyak waktu. Daripada makan tempat dan hanya membuat ponsel Android Anda sengsara karena keberatan, lebih baik relakan beberapa aplikasi untuk dibuang dengan cara uninstall.

Jangan terlalu banyak mengaktifkan aplikasi media sosial, lengkap dengan notifikasinya

Selain membuat ponsel Android tambah lelet, baterai juga cepat habis.

Post a Comment

Back to top
Scroll to top