Apasih Augmented Reality itu ?

Augmented Reality atau AR bukan merupakan teknolgi baru, banyak orang yang mulai mengenal teknologi augmented reality setelah bermain Pokemon GO, tetapi masih ada juga beberapa orang yang tidak menyadari bahwa Pokemon GO merupakan permainan berbasis Augmented reality. AR memiliki banyak potensi tidak hanya dalam permainan saja tetapi juga bisa bermanfaat dalam dunia pekerjaan seperti kacamata Microsoft Hololens atau Google Tango. Jadi apa itu AR dan bagaimana caranya bekerja ?

Apa Itu Augmented Reality

AR bila katanya dipisahkan memiliki 2 kata yaitu Augmented dan Reality. Augmented artinya membuat sesuatu menjadi lebih kompleks dengan cara menambahkanya. Sedangkan Reality artinya nyata atau sesuatu yang ada. Jadi Augmented Reality bisa diartikan sebagai teknologi yang menggabungkan / menambahkan benda maya baik 2 atau 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata.

AR tidak hanya bekerja pada smartphone saja. AR juga terdapat dalam bentuk kacamata seperti kacamata Microsoft Hololens. AR dalam bentuk kacamata juga biasa digunakan oleh pihak militer pada tentara nya pada saat beroperasi. Bagaimana cara kerja Augmented Reality ?

Bagaimana Cara Kerja Augmented Reality

Dapat kita ambil smartphone sebagai contoh penggunaan AR, AR bekerja dengan cara mencari penanda pada lingkungan, biasanya seperti hitam dan putih pada barcode. Ketika penanda tersebut ditemukan maka AR akan membuat objek 3D sesuai dengan tempat penanda. Dengan menggunakan kamera dari smartphone, AR akan melacak setiap posisi relative antara smartphone dan objek sehingga pengguna dapat mengitari objek 3D tersebut dari berbagai macam sudut. Proses ini membutuhkan banyak tenaga untuk smartphone melacak setiap perubahan posisi terhadap objek agar objek 3D terlihat benar dan tidak cacat.

Berbeda dengan halnya AR pada game Pokemon GO. Penggunaan kamera pada permainan Pokemon GO tidak melacak posisi smartphone dan objek (pokemon) sehingga pengguna tidak dapat mengitari pokemon dalam bentuk 3D. Pokemon GO hanya menampilkan pokemon pada bagian atas kamera dengan beberapa trik agar terlihat 3D. Karena tidak melacak setiap pergerakan, maka pokemon akan terus tampil pada bagian atas kamera kemanapun kalian berjalan selama kalian menghadap arah yang benar.

Smartphone hanya bisa digunakan sebagai bagian dasar dari Augmented Reality, untuk lebih canggihnya lagi kalian dapat melihat produk Microsoft Hololens yang diketahui sebagai Heads Up Displays( HUDs )

Pada mobile, Google bekerja keras pada project Tango. Tango berbeda dengan standar AR pada smartphone karena Tango memiliki hardware tertentu untuk meningkatkan pemakaian. Tango menggunakan computer vision untuk melacak posisi, memiliki perspeksi 3D dan mengenali benda - benda sekitar seperti dinding, meja, kursi, dll. Pengguna pertama Tango yaitu Lenovo dengan series Phab 2 pro.

Post a Comment

Back to top
Scroll to top