Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Dalam Pembuatan Website

Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Dalam Pembuatan Website
Hi sobat reno, kali ini mimin ingin memberi informasi mengenai beberapa bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah website. Penasarankan bahasa apa sih untuk membuat sebuah website yang statis maupun dinamis ?? yuk langsung aja.

2 Kategori Pemrograman Web

Dalam membuat sebuah website terdapat 2 kategori yaitu Front-end Development dan Back-end Development. Setiap kategori ini memiliki perbedaanya masing - masing. 

Pada Front-end development kalian mengatur bagaimana tampilan layout sebuah website dan bagaimana urutan dari layout tersebut. Front-end development sangat identik dengan tampilan dan desain sebuah website. Adapun beberapa bahasa pemrograman front-end diantaranya: 
  • HTML
  • CSS
  • Javascript
Sedangkan pada Back-end development kalian mengatur bagaimana website dapat menangani interaksi dengan user seperti pengisian sebuah form Login. Back-end juga merupakan otak dari sebuah website yang dapat menjadikan website menjadi lebih dinamis. Oleh karena itu back-end development identik dengan hubungan client dan server. Beberapa contoh bahasa pemrograman back-end yaitu:
  • PHP (umum)
  • Ruby
  • Java
  • Python

HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang digunakan untuk mengatur urutan data yang ingin ditampilkan pada sebuah website. HTML juga berfungsi sebagai meta data dari sebuah website. Apa itu meta data ? meta data adalah informasi mengenai website yang dapat dibaca oleh search engine.

CSS

CSS atau kependekan dari Cascading Style Sheet merupakan bahasa pemrograman website yang digunakan untuk memberikan desain pada HTML. Dengan CSS kalian dapat mengatur lebar. tinggi. warna dari sebuah elemen. Kalian juga dapat membuat sebuah animasi dengan CSS. CSS merupakan kunci dari sebuah website yang responsif 
Baca ! Pentingnya Membuat Website Yang Responsif Terhadap SEO

Javascript

Ingat Javascript bukanlah Java, kedua bahasa ini sangat berbeda. Javascript merupakan bahasa pemrograman website yang digunakan untuk memberikan kesan interaktif pada sebuah website. Contohnya ketika tombol scroll to top maka halaman website akan otomatis di scroll sampai bagian paling atas.

PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP biasa digunakan pada sebuah website dalam berinteraksi dengan server seperti database, mengolah data masukkan dari user, dan juga membuat website lebih dinamis.

Apa Yang Harus Dipelajari

Kalian pasti bertanya-tanya jadi bahasa pemrograman manakah yang harus dipelajari. Saran dari mimin, sebaiknya kalian mempelajari HTML, CSS, dan sedikit Javascript. Loh kok banyak banget min ? Yup karena sebuah website tidak dapat berdiri dengan hanya satu bahasa saja. Bisa sih dengan bahasa HTML tetapi itu akan membuat tampilan website kalian kurang enak dipandang.

Nah setelah itu barulah kalian mempelajari PHP agar website kalian dapat berkomunikasi dengan server dan membuat website kalian menjadi lebih dinamis. Adapun berikut saran tempat pembelajaran web development online dari mimin.

Post a Comment

Back to top
Scroll to top