Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Android Studio
Kali ini mimin ingin kasih tutorial untuk membuat aplikasi android sederhana dengan software Android studio. Bagi kalian yang belum mengenal android studio kalian bisa membaca artikel android studio sebagai software pembuatan aplikasi android.

Pernahkah kalian membayangkan untuk membuat aplikasi atau game android kalian sendiri ?? yup membuat aplikasi android tidaklah susah asalkan kita mengetahui dasar-dasarnya. Sesuai dengan artikel bahasa pemrograman yang digunakan android, bahasa yang akan kita gunakan dalam pembuatan aplikasi ini pada android studio adalah java.

Aplikasi Yang Akan Dibuat

design mockup hasil jadi aplikasi android sederhana
Aplikasi android yang kita buat kali ini cukup sederhana. Gambar di atas merupakan mockup atau design hasil jadi aplikasi android yang ingin kita buat. Pada aplikasi ini akan terdapat tombol dimana ketika setiap tombol itu di klik maka background dan warna text tombol akan berganti sesuai dengan warna yang telah kita tentukan secara acak. Kalian juga dapat mendownload project ini pada akhir artikel ini

Membuat Project Baru Pada Android Studio

Langsung saja buka aplikasi android studio kalian. Setelah di buka kita akan memulai dengan cara membuat project baru pada android studio dengan cara:
  1. Saat pertamakali dibuka maka akan muncul gambar seperti di bawah ini dan pilih Start a new android studio project.
    membuat project baru di android studio
  2. Masukkan nama aplikasi kalian. Huruf awal dari nama aplikasi harus huruf besar.
    membuat project baru di android studio
  3. pada bagian target android device klik next saja, android studio akan memberikan API yang cocok untuk aplikasi kalian.
  4. pilih Empty activity.
    cara menggunakan android studio
Ini adalah tampilan awal dari project yang kalian buat, di sebelah kiri terdapat navigasi ke dalam folder-folder project. Kalian juga dapat mengklik pada folder yang memiliki tanda panah untuk menampilkan file-file yang ada di dalam folder tersebut. Dan di sebelah kanan merupakan tempat kita untuk memasukkan kode ke dalam aplikasi. Dapat kalian lihat terdapat MainActivity.java, file ini merupakan file utama aplikasi kalian.
cara menggunakan android studio

Kalian juga dapat membuka file Activity_main.xml untuk melihat tampilan awal aplikasi. Dapat kalian lihat preview yang di tampilkan hanya tulisan "Hello World" saja. Preview akan selalu menyesuaikan sesuai dengan perubahan yang kita lakukan.
cara menggunakan android studio

Dapat dilihat bahwa pada file Activity_main.xml di sisi bawah terdapat 2 bagian yaitu Design dan Text. Sebelumnya kita berada pada bagian design. Dengan mengklik bagian text, kalian dapat melihat dalam bentuk kode kalian juga bisa membuat perubahan pada ke 2 bagian baik design maupun text sesuai dengan yang kalian inginkan
cara menggunakan android studio

Menghilangkan Action Bar

Pada mock-up aplikasi yang kita buat tidak terdapat action bar. Tetapi pada preview project di android studio, aplikasi kita mempunyai action bar. Untuk menghilangkan action bar tidak begitu sulit, berikut caranya:
  1. Buka file styles.xml pada res > values > styles.xml.
  2. Ganti atribut parent dengan Theme.AppCompat.Light.NoActionBar.
menghilangkan action bar pada android studio

Setelah mengganti file styles.xml kalian dapat kembali pada bagian preview dan dapat kalian lihat aplikasi kita sekarang sudah tidak ada lagi action barnya

Menambahkan Tombol Pada Aplikasi

Nah sesuai dengan tujuan aplikasi yang ingin kita buat. Kita ingin menambahkan tombol pada bagian bawah dan ketika tombol itu di klik maka warna background akan berubah. Untuk menambahkan tombol :

  1. Pada file Activity_main.xml di sebelah kiri pada bagian widgets drag pada Button ke preview dan taruh di bagian bawah layout aplikasi. Klik juga tanda yang mimin beri kotak merah agar lebar tombol menyesuaikan dengan layout.
    membuat aplikasi android pada android studio
  2. Ganti text dan id dari tombol yang telah kita masukkan tadi dengan cara mengkliknya dua kali.
    membuat aplikasi android pada android studio
  3. Di bagian sebelah kanan pada Device Screen klik pada RelativeLayout dan pada bagian properties ganti idnya menjadi background. Penamaan ID bisa sesuai yang kalian inginkan, ID tersebut nanti akan kita gunakan untuk mengikat event sesuai yang kita inginkan atau bisa disebut juga sebagai referensi.
    membuat aplikasi android sederhana di android studio

Memberi Warna Pada Background dan Text

untuk memberi warna pada background tidaklah sulit. Klik pada RelativeLayout terlebih dahulu dan lihat pada bagian properties di sebelahkanan, temukan kata background dan ubah warnanya sesuai dengan yang kalian inginkan. Disini mimin menggunakan warna awalnya berupa hexadecimal yaitu #3079AB
Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Android Studio

Kalian juga harus mengubahwarna text dari button yang telah kita buat sebelumnya. Caranya tidak berbeda jauh dengan mengubah warna background. Pertama klik pada tombol dan pada properties di sebelah kanan temukan kata textColor. agar sesuai dengan warna background maka mimin juga memasukkan hexadecimall yang sama yaitu #3079AB.

Membuat Class Baru

Kali ini kita akan membuat kelas atau Class baru untuk menyimpan data warna aplikasi kita dan kelas ini juga berfungsi untuk memanggil warna secara acak. Untuk membuat file Class baru kalian hanya perlu klik kanan pada folder MainActivity.java ---> New --> Java Class. Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan nama dari kelas tersebut.
menambahkan file class baru pada android studio

setelah membuat kelas baru langkah selanjutnya memasukkan warna dalam bentuk array dan membuat getter yang berguna untuk memanggil warna tersebut. Kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Android Studio

fungsi dari getColor() di atas adalah mengambil warna secara acak dari array mBackgroundColor;

Memasukkan Kode Pada MainActivity.java

Untuk memasukkan kode pada file MainActivity.java kalian hanya perlu klik pada file tersebut dan masukkan kode sesuai dengan gambar di bawah ini. Kode yang mimin beri kotak merah adalah kode yang kita tambahkan.

Pada kotak merah pertama kita menentukan member variable terlebih dahulu. Dan pada kotak ke 2 kita mengikat background dan tombol tadi pada member variable. Setelah itu kita menambahkan kode dimana ketika tombol di klik maka warna background akan berubah yaitu dengan fungsi setOnClickListener().
memasukkan kode pada android studio

Menjalankan Aplikasi Pada Emulator

Untuk enjalankan emulator kalian dapt mengklik tanda play berwarna hijau pada bagian tool bar yang mimin beri kotak merah pada gambar. Setelah itu kalian dapat memilih emulator yang kalian inginkan. Disini mimin memilih Nexus 5X API 23. Jika berhasil kalian dapat melihat emulator berjalan dan aplikasi kita sudah terinstall pada emulator.
menggunakan emulator pada android studio

Kalian juga bisa menggunakan HP android kalian sebagai alat untuk menjalan aplikasi yang kalian buat. Untuk melakukan itu kalian hanya perlu mengaktifkan Developer Mode dan mencentang Enable USB debugging pada HP android kalian. Kalian bisa membaca artikel cara mengaktifkan developer mode pada android. Dengan begitu android studio akan otomatis mendeteksi HP kalian sebagai emulator. Kalian juga bisa menjalankan aplikasi yang kalian buat pada bluestack 2 dengan cara membuat file APK nya terlebih dahulu.
Baca ! Emulator android ringan dengan bluestack 2

Membuat File APK

Setelah kita selesai membuat project tersebut tentunya kita ingin membuat file APK nya bukan ?? tentunya juga kita bisa membagikanya kepada teman-teman dan bahkan juga untuk menguploadnya ke play store. Untuk membuat file APK, kalian navigasikan kursor ke menu Build --> Build APK. Setelah itu android studio akan memproses pembuatan apk kalian.

Kembangkan Lagi

Tentunya untuk para developer mereka tidak akan pernah puas terhadap sesuatu yang telah di capai. Kembangkan lah aplikasi ini atau kalian dapat membuat project atau aplikasi baru sesuai dengan yang kalian inginkan. Seperti kata-kata Steve Job "Stay foolish, Stay hungry". Kalian juga dapat menemukan fungsi-fungsi atau cara baru pada halaman dokumentasi Android Studio.
Baca ! Dokumentasi & Referensi dalam pembuatan aplikasi android dengan Android Studio

Download Project

Untuk kalian yang ingin mendownload project ini kalian dapat meng klik tombol di bawah ini.


Kalian juga dapat melihat beberapa aplikasi yang mimin buat pada kategori miminPunya. Kalian dapat mendownload project yang mimin buat dan sekaligus mempelajarinya.

2 komentar

Terimakasih artikelnya sangat membantu,,tapi kalau boleh tau apa profesi mimin skrg,,apa prnah posting apk digoogle atau belum..

Reply

udh gan beberapa, silahkan liat di label Mimin Punya

Reply

Post a Comment

Back to top
Scroll to top