Android Studio | Tools Untuk Membuat Aplikasi Android

software untuk membuat aplikasi android

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana sih cara membuat aplikasi atau permainan android ?? nah kali ini mimin akan membahas software yang digunakan untuk membuat aplikasi atau game android yang sangat terkenal yaitu Android Studio.

Bahasa yang Digunakan Pada Android

Sebelumnya pada postingan bahasa pemrograman yang digunakan oleh android kalian telah membaca bahwa bahasa yang digunakan oleh android ialah java. Jadi sebelum membuat aplikasi android, kalian harus menguasai dasar-dasar dari bahasa pemrograman java agar kalian familiar dengan bahasa pemrograman java.

Android Studio

Android studio merupakan software dengan official IDE(Integrated Development Environment) dalam pembuatan aplikasi android. Android studio juga mempunyai fitur-fitur yang sangat lengkap salah satunya seperti auto complete yang memudahkan para developer android dalam membuat aplikasinya sehingga menjadi lebih cepat. Berikut sistem yang dibutuhkan untuk menginstall Android Studio pada PC atau Laptop kalian
Windows OS X Linux
OS version Microsoft Windows 10/8/7 (32- or 64-bit) Mac OS X 10.8.5 or higher, up to 10.11.4 (El Capitan) GNOME or KDE desktop
RAM 2 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended
Disk Space 500 MB disk space for Android Studio, at least 1.5 GB for Android SDK, emulator system images, and caches
Java Version Java Development Kit (JDK) 8 Java Development Kit (JDK) 6 Java Development Kit (JDK) 8
Screen Resolution 1280x800 minimum screen resolution

Android studio dibagikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Hal ini bertujuan agar semua orang dapat mengembangkan atau membuat aplikasi androidnya sendiri. Jadi untuk kalian yang ingin mendapatkan aplikasi Android Studio ini kalian bisa mengunjungi tombol link di bawah:

Android Studio

Tampilan Android Studio

tampilan android studio


Gambar diatas adalah tampilan Android studio saat kita sedang membuat aplikasi android. Android studio juga mempunyai fitur drag & drop yang memudahkan developer untuk mendesign aplikasi yang mereka buat. Pada android studio kalian juga bisa memilih smartphone yang tampil pada preview. Disini mimin memilih menggunakan Nexus 4.

Android emulator

emulator android pada android studio

Pada android studio juga terdapat fitur emulator yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang kita buat sesuai dengan android pilihan kita secara virtual. Sama halnya dengan preview, kalian juga bisa memilih tipe smartphone android apa yang ingin dipakai saat menjalankan aplikasi yang kalian buat. Kalian juga dapat melihat preview aplikasi yang kalian buat pada berbagai maca tipe android.

tampila preview pada berbagai maca tipe android pada android studio
Ayo tunggu apalagi!! Download android studio dan kembangkan kemampuan kalian. Mimin juga sedang belajar ( Mei 2016 ) tentang pembuatan aplikasi android. Salah satu aplikasi sederhana yang mimin buat dan sudah di upload ke play store yaitu Signal From Mars. Meskipun sederhana, banyak dasar-dasar yang telah mimin pahami dalam pembuatan aplikasi android hehe. Kalian juga bisa membaca artikel
Signal From Mars | Aplikasi buatan mimin ke 1

Post a Comment

Back to top
Scroll to top